Kata Yang Tak Pernah Terucap

"Selamat Ulang Tahun Papa, semoga panjang umur.." *ikon pelukan*

Saat baca tulisan ini di status bbmnya mungkin kita nyangkanya hubungan antara anak dan papanya ini harmonis dan penuh kasih sayang nyatanya status ini bisa jadi tak pernah terucap dari anak ke papanya. Semenjak meninggalnya ibu mereka anak itu semua jadi kurang kasih sayang. Ayah dan anak tinggal satu rumah tapi sama sekali hampir tak ada komunikasi antar keduanya.

Si anak sangat butuh kasih sayang, dia terima keputusan ayahnya menikah lagi dan memboyong keluarga keduanya jauh dari mereka dan lagi2 si anak hanya bisa diam. Dia mencintai ayahnya, adiknya, ibu barunya tapi dia hampir tak bisa memeluknya. Saat dikorek sedikit saja bukan jawaban yang keluar tapi hanya airmata yang ditahan untuk tidak keluar tapi kami bisa menangkapnya dan hanya bisa menangis bersama-sama.

Saat ditanya..

"kalo kamu berangkat papa kemana ?"
"lagi ngaji"
"kalo kamu pulang papa ngapain ?"
"tidur.."

jawaban yang singkat tapi benar-benar pukulan telak buat kita orang tua

"yang nyetrikain baju siapa ?"
"ga pernah disetrika "
"trus lecek-lecek gitu kalo kamu kuliah ?
"setrika kalo udah lecek banget aja.."
"andai mama kamu masih ada ya.."

dan di ruangan itu menangis bersama..

Lain halnya ketika pertama kali dia melanglang buana pertama kalinya kerumah leluhurnya, kasih sayang datang bertubi-tubi padanya, bahkan kata ibu dia seperti kaget mendapat perhatian sebegitu besarnya. Semua hal terkecil diperhatikan, semua kecerewetan dan kasih sayang seorang ibu mungkin sekilas dia rasakan.. setiap kali dia diajak makan dia menjawab lirih dan tersenyum.."iya tante.." sementara diujung matanya airmatanya hampir jatuh..

Saat dia akan pulang, ibu menangisi kepergiannya dan itu membuatnya tertegun bingung, inikah yang namanya kasih sayang orang tua yang tak pernah ia rasakan ? inikah airmata yang biasanya seorang ibu keluarkan ketika akan berpisah dengan anaknya ? mungkin itu dalam hatinya.. diapun menangis..

Entah kenapa saya jadi melow baca status bbm itu.. mungkin dia ingin mengucapkannya tapi mungkin juga tersekat diujung lidah. Ibunya meninggal saat usianya masih kecil, masih kelas 4 SD dan sejak itu dia berjuang, bertahan dalam kebisuan di rumahnya sendiri.

Satus bbm yang lain..

"hari ini aku ultah.. mama tolong dateng sebentar aja dalam mimpiku.."
"aku kangen mama.. andai aja mama ada"

huhhuu nangis deh..udah ah..




Komentar