Horeee Aqila lulus ASIX 6 Bulan

Ga terasa ya udah enam bulan.. sekarang Aqila udah mulai merangkak dan udah numbuh gigi dan yang terpenting Aqila udah lulus ASIX 6 bulan. Horeeee...


Alhamdulillah.. suatu pencapaian yang luar biasa indah.. soalnya dulu waktu Adam meski sama2 ASIX saya mengalami kendala Adam kena nursing strike pada usia 4 bulan. Jadi saya yang ga ada persiapan stock ASIP sama sekali harus kejar tayang ngumpulin ASI. Itupun sampe tetes ASI penghabisan Adam masih aja minumnya pake dot jadi saya sangat kehilangan moment2 indah menyusui.

Sekarang sebelum Aqila lahir persiapan saya untuk ASIX lebih matang, saya sudah berikrar ga bakalan pake dot meskipun akhirnya beli juga dan berujung ga kepake hehehe.. saya ingin menikmati masa2 menyusui yang indah itu apapun dan berapapun itu. Keluar dari rumah sakit habis melahirkan saya sudah mulai mengumpulkan ASIP.. sedikit banyak saya syukuri tiap tetesnya, dan tepat ketika saya tinggal kerja stock ASI di freezer ada sekitar 180 botol.

Setiap saya tinggal kerja Aqila saya bekali ASIP sekitar 450ml.. waktu masih awal2 ditinggal kerja aqila hanya mampu ngabisin sekitar kurang lebih 150ml tapi lama2 dia terbiasa dengan spout pigeonnya dan bertambah konsumsi ASIPnya dari hari ke hari. Waktu Adam dulu awal2 menyusui rasanya berat banget harus begadang nyusuin, sering bangun malem hari menyusui Adam sambil digendong dengan kondisi kliyengan dan terkantuk kantuk karena kurang istirahat. Nah pas Aqila ini saya tau triknya biar saya bisa nyusuin sambil istirahat. Saya ajari aqila menyusu dalam posisi tidur miring jadi begitu pelekatan pas udah deh tenang, bayi tidur ibupun bisa lelap hehehe jadi bisa dikatakan ngurus anak kedua ini saya lebih santai dan lebih menyenangkan tanpa begadang kecuali kalo aqila lagi rewel seperti sekarang karena giginya mau numbuh.

Sebenernya tips ASIX buat ibu bekerja itu gampang, yang penting niat yang besar untuk Eksklusif memberikan ASI saja ntar yang lain2 ngikutin kok. 

Ini stock ASIP di rumah sampai bulan ke enam.. Alhamdulillah.. ada sekitar 200 botol sampe freezernya ga muat dan nitip di freezer kantor.


Kok bisa sebanyak ini ? ya di perahlah hehehehe.. Kebetulan dari jamannya Adam saya udah lihai pake tehnik marmet (merah pake tangan) *nyombong dikit* jadi biaya untuk beli breastpump di skip. Begitu pulang dari RS saya udah mulai nabung ASIP.. Aqila nenen sebelah kiri, yang sebelah kanan di perah dan sebaliknya. Kalo dirasa PD terasa kosong yakin aja ASI tetep banyak, iringi dengan makan dan minum yang sarat gizi. Kebetulan awal2 melahirkan ada mertua jadi asupan gizi ga perlu dipikirkan, apa yang dimasak mertua sikat ajaa.. apalagi dilanjut ibu dateng wuiihhh.. serasa pengen makan ada yang nyuapin hahahaha.

Awal2 tabungan ASIP ga muat di freezer saya yang cuma di kulkas 1 pintu itu, minta papa beliin freezer baru ditolak halus katanya mending sewa aja toh cuma dipake beberapa bulan aja yang kenyataannya... ntar saya ceritain. :D eh iya nyewa freezernya disini ya.. Nah biar ga kejar tayang kaya adam dulu saya targetin selama masa cuti (3 bulan) saya harus bisa nabung ASI 2-3 botol dalam sehari..(semisal 2 botol x 30 hari =  60 botol , nah kalo 3 bulan berarti stock kita 180 botol kan ?! ini stock lumayan aman) bagus lagi kalo bisa lebih, apalagi awal2 menyusui kan LDR dateng di saat2 yang tak terduga udah langsung tampung aja ketimbang bengkak dan netes2 percuma, ya kan ?! 

Sebelum melahirkan sebaiknya stock botol penyimpanan ASI sudah disiapkan jadi begitu brojol langsung bisa latihan merah sedikit demi sedikit, syukuri aja dapetnya berapapun, tetep mindset harus ditata ke arah yang positif kalo "ASIKU BANYAK DAN MELIMPAH RUAH" beneran pengaruh lhooo...*buat saya*

ASI memang gratis dari Allah SWT tapi untuk ibu bekerja seperti saya yang dengan niat dan semangat 45 untuk tetep ASIX  tetaplah ada biaya yang dikeluarkan, kan jarak kantor ke rumah jauh jadi ga bisa setiap saat saya bisa pulang buat nyusuin. Yang harus disiapkan kalo mau nabung ASIP itu ;

1. Botol Penyimpanan ASI (ada yang botol UC dan botol dengan tutup karet)
2. Freezer khusus penyimpanan ASI (terserah mau beli atau sewa, kalo sewa pertimbangkan lagi misal biaya sewa 130rb/bulan nah kita mau make berapa bulan ? soalnya kalo nyewanya sampe lama berbulan2 mending beli aja, ntar kalo ga kepake bisa dijual lagi atau bisa buat jualan es mambo hehehe *curcol*)
3. Breastpump (saya ga make tapi yg ga biasa merah pake tangan, breastpump harus ada dalam list)
4. Alat khusus sterilin botol (saya ga make, botolnya direbus aja)
5. Cooler bag
6. Blue Ice
7. Genset (saya beli buat jaga2 takut mati lampu kaya pas musim banjir kemaren dan sampe sekarang sih belum kepake karena menurut pemantauan ASIP yang di dalam freezer khusus meskipun mati lampu sampe 8 jam ASIP masih dalam keadaan beku asaaaal pintu freezer ditutup rapet kalo perlu dikunci dan jangan dibuka2 sedikitpun - ini sepemantauan saya ya yang make freezer khusus ASI 1 pintu, ga tau ceritanya kalo freezer yang nyatu sama kulkas)

Buat yang mau ninggalin kerja mulai jauh2 hari sebaiknya ajarin anak minum ASIP terserah medianya apa aja, mau pake dot, sendok, gelas khusus ASI, spout atau apa aja terserah. Kalo saya karena trauma sama dot jadi Aqila saya ajarin minum ASIP pake spout pigeon untuk menghindari nursing strike (bingung puting) kaya Adam dulu.

Sekian ah..mo pulang dulu yaaa...;)

Komentar

  1. Sudah pengalaman dg kelahiran anak pertama, jadi yg ke dua audah banyak pengalaman ya, mba.


    Emmm, rada syok lihat stok susu aqila. :D

    BalasHapus
  2. selamat ya Aqila,semog alulus S2nya juga

    BalasHapus
  3. @Idah Ceris : iya mbak.. lebih tau selanya dimana hehe..
    @Lidya : Aamiin.. makasih tante :D

    BalasHapus
  4. luar biasa mbak... aku juga jatuh bangun 6 bulan kasih asix. aku ngga telaten meres, heheheh. semenjak 7 bulan wis tak mix .. tapi kalau malam tetep ASI. sukses mbak..salut liat kulkasnya.

    BalasHapus
  5. Make spout dri usia berapa mbak... apa aqila g tersedak?

    BalasHapus
  6. makasih mbak mandaaa :)
    @Tri Sakti : dari usia 3 bulan mbak, Alhamdulillah ngga sih..awal2 ngajarin karena spout lubangnya lebar jadi masukin ke mulut trus angkat, masukin angkat lagi ntar lama2 bayi bisa ngatur aliran ASInya

    BalasHapus

Posting Komentar